Informasi sebagai sumber ilmu

Subnetting

 

Apa itu Subnetting?

 

Subnetting adalah teknik untuk memecahkan jaringan yang besar menjadi jaringan yang lebih kecil dengan cara mengorbankan bit Host ID pada subnet mask agar menjadi Network ID baru.

 

Dan kita akan mencoba mempraktekannya dengan menggunakan IP kelas B

175.45.0.0

Namun sebelumnya kita harus tau terlebih dahulu bagaimana konsep dasar dari teknik subnetting itu sendiri. Dimana tekniknya yaitu :

 

Subnet yang dimiliki oleh kelas B adalah 255.255.0.0, dan disana akan terdapat 4 buah oktet yang diamana yang akan kita ubah dengan menggunakan teknit subnetting adalah oktet ke tiga dan keempat. Dan kita akan diminta mencari 12 Network ID yang terdapat dalam jaringan.

 

Langkah yang dilakukan yaitu :

  • Menentukan dimana letak posisi yang tepat untuk 12 Network ID.
  • Setelah di cari menggunakan urutan digit peroktet yang dimiliki oleh IP Address. Ternyata 12 terletak diantara 2^3 dan 2^4 jadi 2^3 < 12 < 2^4.
  • Kemudian deretan oktet yang terdapat pada oktet ketiga dan keempat dibagi menjadi 2 bagian yang dilambangkan dengan biner yaitu (0000 0000). Dimana 4 angka biner yang pertama adalah subnetnya dan 4 angka biner sisanya sebagai broadcastnya. Jadi jika kita lihat diatas dapat kita lihat bahwa jumlah network yang mungkin diciptakan yaitu 2^4 = 16, tapi yang dapat digunakan sebanyak 16-2 = 14 network

 

Untuk lebih jelasnya proses subnetting terbentuk dapat kita lihat dengan perhitungan yang ditabelkan sbb :

 

Sehingga jika kita buat sebuah topologinya, untuk men-simulasikan dari hasil yang kita dapat akan terbentuk gambar topologi sbb :

 

Tinggalkan komentar